Membuat Perpustakaan Pribadi

Perpustakaan didefinisikan sebagai kumpulan buku-buku. Dengan adanya perkembangan zaman, isi perpustakaan tidak melulu tentang buku. Ia bisa buku, CD/VCD, kaset, alat peraga bahkan multimedia semacam internet sudah dianggap bagian dari perpustakaan. Penting sekali kita mempunyai perpustakaan di rumah. Selain memudahkan kita dalam merujuk sebuah literatur, juga memiliki nilai edukasi yang tinggi, terutama untuk meningkatkan minat membaca.



Pertama kali yang harus dipersiapkan untuk membuat perpustakaan pribadi adalah menyiapkan space atau ruang. Ruang yang akan digunakan harus memiliki sistem pencahayaan dan penghawaan yang baik.
Unsur pencahayaan dimaksudkan untuk mendukung suasana membaca. Kesehatan mata tentu menjadi concern di perpustakaan, event only at private library. Sedangkan penghawaan dimaksudkan untuk menjaga koleksi yang ada di perpustakaan, baik itu barang cetakan (dari lembab dan rayap), barang elektronik (dari lembab dan korosif).

Langkah kedua adalah membuat properti yang mendukung, seperti rak, meja (untuk penempatan koleksi), meja baca (carrel) dan kursi baca (kursi yang terpisah dari meja baca itu sendiri).

Langkah ketiga dengan memilih koleksi dan jenis koleksi. Pilih dan tentukan koleksi dengan menyesuaikan kebutuhan untuk anggota keluarga yang ada. Bisa dengan cara bertanya langsung tentang kebutuhan koleksi anggota keluarga. Dengan cara ini, perpustakaan pribadi menjadi milik bersama, karena kebutuhan setiap anggota keluarga dapat terwakili. Penggunaan internet dengan bijak akan menjadi bagian dari perpustakaan yang baik.

Terakhir, rawat dengan baik setiap koleksi yang dimiliki. Kelola dengan cara mengidentifikasi, mengolah data koleksi dan menyingkirkan debu dan benda-benda perusak dari koleksi yang dimiliki.

Mari kita perhatikan kebutuhan ilmu dan pengetahuan dengan membuat perpustakaan pribadi di rumah kita. Untuk kepentingan kita dan anak-anak kita. [*v*]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengidentifikasi Buku

Perokok yang Menyebalkan (Etika Merokok)